Weekend in Bandung: Coba yuk enjoy atmosfir khas Bandung Heritage di Jl. Braga!

Kalau bicara “nuansa Heritage”, yang namanya Bandung ada banyak tempat bernuansa Heritage karena Bandung memang merupakan kota yang memiliki sejarah yang sangat kaya. Dan salah satu lokasi yang paling kaya nuansa Heritage di Bandung tidak bisa dipungkiri lagi adalah Jalan Braga!

Sejarah Jalan Braga

Apakah anda tahu, asal-usul nama Jalan Braga? Bila dilihat dari bahasa, jalan ini pun berasal dari bahasa Sunda yaitu Ngabaraga atau “bergaya”, dan dari awal memang dirancang oleh penjajah Eropa sebagai tempat dimana para warga asing bisa tetap menikmati nuansa gaya Eropa di tanah Indonesia.

Suasana Jalan Braga tempo dulu (source)

Nama Braga sendiri semakin melejit setelah pembangunan kawasan ini mulai digenjot dengan hadirnya barang-barang elite dan barang-barang berkelas yang dirancang untuk dikonsumsi oleh kalangan masyarakat berada. Tidak hanya itu, kesenian, hiburan, dan berbagai macam fasilitas juga terus dibangun dengan gaya yang sengaja dibuat dengan nuansa Eropa.

Jalan Braga juga merupakan salah satu pelopor konsep hiburan malam di Kota Bandung lho! Fakta unik: julukan “kota Kembang” untuk Bandung juga sedikit banyak dipengaruhi oleh hadirnya eksistensi hiburan malam ini, dimana banyak wisatawan asing yang datang ke Braga tidak membawa istri atau pasangan karena reputasi Jalan Braga sebagai tempat hiburan malam tempat dimana “kembang-kembang” kota berkumpul. Bahkan di zaman itu sampai terdapat selebaran yang berbunyi “Tuan-Tuan Turis yang baik, janganlah pergi ke Bandung jika, tidak membawa Istri atau meninggalkan istri di rumah!”

Jalan Braga saat ini

Tapi itu merupakan kisah masa lalu. Saat ini Jl. Braga merupakan salah satu destinasi favorit tidak hanya bagi mereka yang berkunjung ke Bandung namun juga bagi masyarakat kota Bandung sendiri. Nuansa khas ala Eropanya yang unik (dengan bangunan-bangunan arsitektur khas dan jaman Belanda yang masih kokoh berdiri sampai saat ini) dipadukan dengan fakta bahwa di Jalan ini terdapat banyak tempat hiburan dan juga beragam tempat kuliner menjadikan Braga sangat populer untuk dikunjungi oleh siapa saja.

Lukisan-lukisan seperti ini lazim ditemukan di sepanjang Jalan Braga; banyak artis lokal Bandung yang menjadikan Jalan Braga sebagai etalasi karya seni yang mereka buat

Berbagai jenis aksesoris, oleh-oleh, dan panganan khas Bandung tersedia di sini, jadi sangat pas untuk dijadikan pilihan hangout atau bersantai ketika anda berkunjung ke Bandung!

Suasana Kopi Toko Djawa, salah satu tempat hangout bernuansa unik seperti toko buku yang terdapat di Jalan Braga (source)

Apabila anda menginap di Gino Feruci Braga yang berlokasi tepat di jantung Jalan Braga atau The Naripan Hotel yang juga berlokasi sangat dekat dengan Jalan Braga, berjalan kaki bersama keluarga, teman, atau si dia untuk kemudian menikmati suasana Jalan Braga langsung pasti memberikan sensasi yang benar-benar beda!

Selamat menikmati weekend yang seru ya!

Gino Feruci Braga Hotel berlokasi tepat di tengah Jalan Braga, sehingga benar-benar pilihan terbaik bagi anda yang ingin menikmati suasana Braga kapanpun juga, termasuk di malam hari!
The Naripan Hotel juga berlokasi sangat dekat dengan Braga, dan anda yang menginap di sini juga dapat dengan mudah mencapai Braga, bahkan dengan berjalan kaki!

About Author /

Start typing and press Enter to search