Ada apa dengan Cianjur?

Jikalau ada orang menyebut kata “Wisata”, atau “berakhir pekan”, rasa-rasanya tempat-tempat yang muncul di pikiran biasanya adalah tempat seperti Bandung. Nah, padahal tidak sedikit pula tempat-tempat lain yang tidak kalah menawannya jika dibandingkan dengan Bandung–apabila anda tahu dimana untuk melihat 😉

Nah, salah satu lokasi yang sedang naik daun saat ini adalah Cianjur. Berlokasi strategis tepat di antara Bandung dan Jakarta, Cianjur cukup dikenal sebagai kota yang sering dimampiri oleh mereka yang bepergian antara kedua kota itu–tapi tidak ada salahnya juga apabila anda mampir ke Cianjur, anda tidak hanya sekedar transit tapi juga sekalian mengeksplorasi beragam keistimewaan yang ditawarkan oleh kota ini.

Kota yang dikenal dengan nama “Kota Santri” ini menyimpan beragam keunikan sendiri, seperti misalkan:

Ngarak Posong

Kesenian Ngarak Posong ini dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang berpasangan dengan diiringi lagu tradisional Sunda sembari masing-masing memegang posong (alat penangkap belut).

Ngarak Posong, kesenian khas Cianjur (source)

Hal tersebut dilakukan sebagai kegembiraan dan rasa syukur atas panen belut yang telah menunjang perekonomian masyarakat, dan terkait dengan kultur budaya masyarakat Cianjur yang sangat kuat terkait dengan tradisi bercocok tana,

Terowongan Kereta Api Tertua di Indonesia

Terowongan Lampegan dengan panjang 686 meter dan jadi sejak tahun 1882 itu adalah terowongan kereta tertua yang ada di Indonesia sampai saat ini. Pemerintah Hindia-Belanda mengalami kesulitan membangun terowongan kereta api yang menghubungkan Cianjur dan Sukabumi itu karena harus melubangi bukit yang ada di wilayah itu, dan proses pembuatannya dilakukan dengan cara penggalian, perataan, bahkan dengan meledakkan dengan bom!

Terowongan Lampengan yang sudah berdiri hampir 2 abad di Cianjur (source)

Candi Tridharma

Di Cianjur juga ini ada candi yang mirip dengan candi Borobudur di Jawa Tengah yang tersohor, namanya candi Tridharma. Disebut candi karena bentuknya seperti candi Borobudur, akan tetapi candi tersebut lebih berfungsi sebagai vihara, tempat peribadatan bagi mereka yang beragama Buddha.

Candi Tridharma yang memiliki struktur mirip Candi Borobudur (source)

Candi Tridharma didirikan pada tahun 1995 dengan maksud sebagai tempat peribadatan umat Buddha. Namun pembangunannya harus dihentikan pada tahun 2000 karena memiliki masalah soal perijinannya.

Situs Megalitikum Tertua di Dunia

Di wilayah Gunung Padang ada situs megalitikum tertua di dunia. Berusia sekitar 8.000 hingga 28.000 tahun, situs Gunung Padang bahkan lebih tua dari Piramida Giza Mesir yang tersohor itu. Situs Gunung Padang dengan luas 900 meter persegi merupakan megalitikum terbesar di Asia yang mengalahkan Piramida di Mesir.

Situs megalitikum Gunung Padang yang menyimpan banyak misteri (source)

Situs Gunung Padang ini sangat unik. Batu megalitikum nya bisa mengeluarkan bunyi-bunyian seperti alat musik, dengan nada-nada khas tertentu.

Beras Cianjur Beraroma Pandan

Beras wangi beraroma pandan, Anda pernah mencoba mencicipinya? Beras beraroma seperti ini tentu sangat istimewa dan pulen. Cianjur memiliki Beras Pandan Wangi. Dikatakan demikian karena beras itu beraroma pandan. Beras beraroma pandan itu sudah ada sejak tahun 1937.

Beras Pandan Wangi khas Cianjur yang menjanjikan rasa beras istimewa (source)

Uniknya Beras Pandan Wangi itu tidak ditanam di luar wilayah Cianjur. Bahkan di dunia, hanya ada dua beras yang beraroma pandan ini, yaitu Indonesia dan Siberia!

Gino Feruci Cianjur

Dan tentunya, di Cianjur ada juga Hotel bernuansa eksklusif dan nyaman di Gino Feruci Cianjur, satu-satunya Hotel bintang 4 yang ada di Cianjur yang tentunya menawarkan pengalaman menginap yang tidak bisa anda temukan di Hotel / penginapan lainnya yang ada di Cianjur.

Menginap di Gino Feruci Cianjur, pasti berbeda rasanya dengan tempat lainnya di Cianjur!

Jadi next time anda ke Cianjur, pastikan anda meluangkan waktu untuk mengeksplorasi beragam keunikan Cianjur (dan jangan lupa menginap di Gino Feruci Cianjur ^_^)

About Author /

Start typing and press Enter to search