Beragam Wisata Seru di Hijaunya Tahura Dago Bandung!

Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda awalnya merupakan bagian areal dari kelompok Hutan Lindung Gunung Pulosari yang berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/8/1980 dirubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam (TWA) Curug Dago. Pada tanggal 14 Januari 1985 bertepatan dengan kelahiran Bapak Ir. H. Djuanda, TWA Curug Dago secara resmi berubah fungsi menjadi Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang merupakan Tahura pertama di Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1985.

Tahura Bandung bisa dikunjungi oleh wisatawan setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 6 sore. Terdapat banyak objek wisata didalam kawasan hutan raya Juanda. Jadi anda bisa berkunjung kesini dan sekaligus menikmati beberapa tempat wisata seperti tempat berkemah, forest walk, melihat satwa liar, menikmati air terjun, hingga wisata mistis di Goa Jepang dan Goa Belanda!

Serunya Hammock bertingkat di Tahura Bandung

Ada beberapa spot wisata yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke sini. Beberapa tempat wisata tersebut malah lebih dikenal dibandingkan dengan Tahura Juanda, padahal berada didalam kawasan THR Juanda.

Goa Jepang dan Belanda

Merupakan peninggalan masa penjajahan Jepang di Indonesia. Goa ini diperkirakan dibangun oleh para pekerja paksa/romusha. Goa jepang memiliki 4 pintu dan 2 saluran udara. Goa ini dibangun pada tahun 1942. Ada juga Goa Belanda, yang dibangun pada tahun 1918; goa Belanda ini diperkirakan dipergunakan sebagai markas militer, penjara, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi, dan juga PLTA.

Curug Omas

Curug omas seringkali disebut orang sebagai curug maribaya, karena memang berada di daerah Maribaya Lembang. Untuk menuju lokasi, yang paling dekat adalah via gerbang taman hutan raya juanda di Maribaya. Tapi bisa juga dari gerbang dago pakar, hanya saja jaraknya lumayan jauh jika berjalan kaki dari sini, kurang lebih 5-6 KM.

Tebing Keraton

Tempat ini tentunya sudah tidak asing lagi. Tempat dan suasananya yang memang “instagramable” jadi banyak tujuan pengunjung. Sebetulnya, area ini pun masuk kedalam area Taman hutan raya Juanda lho. Hanya saja tiket masuknya berbeda.

Hiking Ringan

Jika anda pecinta hiking, ataupun sekedar berolahraga di udara segar, tempat ini bisa jadi tujuan yang bagus. Jalur untuk pejalan kaki disini sudah cukup bagus. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata dan sekaligus berolahraga didalam hutan yang cukup tertata rapi.

Seru kan? Buat anda yang berencana untuk datang ke Bandung, beragam tempat wisata ini bisa dijadikan pilihan yaa!

About Author /

Start typing and press Enter to search