Ada Cerita di Jalan Braga!

Seringkali, yang namanya “jalan” itu tidak lebih dari sekedar “jalan”—satu area yang bermula dari satu titik ke titik lain yang dipergunakan tidak lebih dari sekedar alur dimana orang bergerak. Tetapi terkadang ada kalanya dimana sebuah “jalan” menjadi lebih dari sekedar “jalan”—ada kalanya sebuah jalan menjadi sesuatu yang lebih, menjadi kebanggaan dan bahkan identitas dari kota dimana jalan tersebut berada. Contoh: Orchard Road di Singapura, La Rambla di Barcelona, atau Broadway di New York.

Kota Bandung juga memiliki jalan yang seperti itu! Jalan Braga (dimana Gino Feruci Hotel Braga berlokasi, dengan Golden Flower Hotel Bandung di dekatnya) merupakan salah satu lokasi di Bandung yang memiliki nilai komersial dan sejarah yang kaya serta telah menjadi salah satu tempat yang harus anda kunjungi kapanpun anda datang ke Bandung! 

Kekayaan nilai sejarah Jalan Braga dapat dilihat dengan jelas dari keunikan gaya arsitektur yang digunakan oleh banyak bangunan di sana, yang mengikuti pengaruh gaya Eropa. Hal tersebut menjadi bukti dari nilai sejarah Jalan Braga, yang pada jaman dulu menjadi tempat bergaul para bangsawan dan aristokrat Eropa ketika pada jaman penjajahan Belanda. Menjelajahi Jalan Braga itu seperti menjelajahi sejarah kota Bandung, jadi jangan lupa untuk datang ke sini setiap kali anda datang ke Bandung!

Mengenai nama “braga” itu sendiri, ada beberapa pendapat mengenai dari mana Jalan Braga mendapatkan namanya. Ada pendapat yang mengatakan bahwa nama Braga diambil dari nama seseorang, yaitu Theotilo Braga, seorang penulis naskah teater terkenal yang tinggal di area Braga pada sekitar tahun 1882. Pendapat lain mengatakan bahwa nama Braga diambil dari nama Bragi, Dewa Puisi di mitologi Jerman. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa nama tersebut diambil dari kata “Baraga”—“Jalan disamping sungai”, mengingat Jalan Braga itu sendiri terletak di samping Sungai Cikapundung.

Sungai Cikapundung di Bandung

Apapun ceritanya, tidak mengubah fakta bahwa Jalan Braga merupakan tempat yang harus anda kunjungi kapanpun anda datang ke Bandung. Di malam hari, beragam orang dari beragam tempat juga datang ke Braga untuk menikmati suasana hiburan malamnya, dengan atmosfir yang cukup berbeda dari Braga siang hari. Terlebih lagi mengunjungi Braga di malam hari memberikan anda kesempatan untuk menikmati pemandangan malam kota Bandung jika anda datang ke rooftop Gino Feruci Hotel Braga: pemandangan dan atmosfirnya sungguh berbeda!

Rooftop Gino Feruci Braga Hotel Bandung (source)

About Author /

Start typing and press Enter to search