Legenda Angklung Bandung Saung Angklung Udjo

Siapa yang tidak mengenal Angklung? Salah satu instrumen musik paling legendaris di Indonesia ini merupakan salah satu contoh paling terkenal atas kekayaan budaya Sunda di Jawa Barat. Angklung terbuat dari pipa-pipa bambu yang dipotong ujung-ujungnya sehingga menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi merdu yang sampai saat ini masih menemani beragam pertunjukan musik dan lagu tidak hanya di Jawa Barat, namun juga bahkan di seluruh Indonesia.

Nah, di Bandung sendiri ada satu tempat sempurna bagi anda yang ingin mengenal angklung lebih jauh (dan sekalian mengunjungi tempat liburan di Bandung dengan nuansa yang berbeda): yaitu Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Jl. Padasuka No. 118, Bandung! Saung ini didirikan oleh tokoh yang dikenal sebagai Udjo Ngalagena (Mang Udjo) bersama istrinya untuk melestarikan budaya dan seni tradisional khas Sunda, terutama alat musik Angklung.

Apa saja yang bisa anda temukan dan nikmati Saung Angklung Udjo?

PERTUNJUKAN WAYANG GOLEK

Wayang golek adalah sandiwara boneka kayu khas Sunda yang lengkap dengan kostumnya. Pertunjukan ini biasa ditampilkan pada sesi pembukaan pada seluruh atraksi yang diadakan setiap harinya. Pada akhir sandiwara biasanya diselipkan pesan moral yang dapat dipetik para pengunjung. Durasi aksi wayang golek berlangsung sekitar 10 hingga 20 menit yang akan disambung dengan atraksi selanjutnya.

PERTUNJUKAN HELARAN

Atraksi ini biasanya diadakan pada upacara khitanan dan upacara panen padi. Helaran memiliki tujuan untuk menghibur dan mengungkapkan syukur, maka musik pada helaran biasanya bersifat riang dan semangat. Di pertunjukan ini terdapat beragam tarian Sunda sambil bernyanyi dengan lagu khas Sunda. Selain itu ada juga pertunjukan musik angklung yang dipentaskan oleh anak-anak didik di sini.

PERTUNJUKAN TARI TOPENG

Tarian ini termasuk dalam pentas pertunjukan yang dihadirkan rutin setiap hari. Kisah tari topeng berawal dari seorang pembawa berita dari Majapahit yang sedang menyelidiki situasi Kerajaan Blambangan. Dalam tarian tersebut, seorang penari berperan sebagai pembawa berita yang menyamar menggunakan topeng. Topeng tersebut digunakan agar sang penari terlihat seperti seorang pria yang gagah guna melawan Prabu Menakjingga.

ORKESTRA ANGKLUNG

Pada atraksi ini, angklung akan dimainkan bersama oleh para pementas sehingga menghasilkan suara yang indah. Suara alunan musik tersebut akan dibarengi dengan tarian Jawa Barat yang luwes. Lagu yang akan dibawakan dengan alat musik angklung di pentas ini seperti Balonku, Twinkle Twinkle Little Star, hingga lagu dangdut maupun lagu daerah. Pengunjung akan dibuat kagum dengan perpaduan musik dan tarian Jawa Barat yang menambah kental budaya Sunda.

KULINER DAN SOUVENIR

Tersedia ruangan khusus yang disediakan bagi pengunjung yang berisi aneka souvenir khas Sunda. Beragam souvenir yang dijajakan pada ruangan ini seperti gantungan kunci, kipas, kaus, gelang, sandal, tas, hingga replika angklung. Selain itu, pengunjung dapat menikmati juga aneka ragam kuliner yang ada di Dapoer Angklung. Makanan yang dijajakan di sana bervariasi seperti batagor dan siomay khas Bandung. Ada pun menu makanan western yang rasanya tak kalah enak dan lezat. Harganya pun terbilang cukup terjangkau untuk dinikmati bersama keluarga.

Jadi bisa dicoba ya, ketika berkunjung ke Bandung untuk datang ke Saung Angklung Udjo!

About Author /

Start typing and press Enter to search