Salamat Ulang Tahun 495 untuk Jakarta!

KAGUM Hotels mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-495 untuk Jakarta!

Sssst, tahu tidak sih sejarah nama Jakarta?

Antara tahun 397-1527, wilayah yang saat ini disebut Jakarta masih bernama Sunda Kelapa dan berada di bawah kekuasaan kerajaan Hindu. Pada 1527, Pangeran Fatahillah dari Demak berhasil merebut Sunda Kelapa dan mengubah namanya menjadi Jayakarta. Pergantian nama tersebut diperkirakan terjadi pada 22 Juni, yang kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai hari jadi Kota Jakarta!

Pangeran Fatahillah

Jayakarta lalu mengalami perubahan nama menjadi Batavia saat VOC menguasai wilayah ini pada 1619. Dalam sejarahnya, nama Batavia mempunyai masa hidup yang sangat lama, yakni hingga tiga abad lebih (1619-1942). Saat pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada 1942, nama Batavia diganti menjadi Djakarta atau Djakarta Tokubetsu Shi. Barulah setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, nama Jakarta tetap dipakai dengan meninggalkan nama Jepangnya.

Sampai saat ini, Jakarta masih menjadi ibukota Indonesia, walau ada berita posisi ini bisa berubah ke depannya. Bagaimana perasaan kamu apabila Jakarta tidak menjadi ibukota lagi?

About Author /

Start typing and press Enter to search