Ssssst, apa sih sebenarnya CHSE itu?

Buat anda yang ingin tahu sebenarnya apa itu CHSE, dan mengapa penting bagi pebisnis dan pelaku usaha perhotelan dan pariwisata untuk mendapatkan sertifikat CHSE, silahkan baca terus ya!

Program sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environment) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan adalah program yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia dimana usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain terkait (seperti perhotelan), lingkungan masyarakat, serta destinasi pariwisata mendapatkan sertifikasi yang menandakan tingkat kesiapan mereka dalam menghadapi penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Kriteria apa saja yang dinilai oleh program sertifikasi ini? Sesuai dengan namanya, terdapat 4 dimensi pengujian yang dilakukan di program sertifikasi ini, yaitu dimensi kebersihan, dimensi kesehatan, dimensi keamanan, dan dimensi kelestarian lingkungan. Apakah sudah terdapat prosedur pembersihan dan disinfeksi rutin oleh pihak pelaku bisnis? Apakah staf yang dipekerjakan oleh pihak pelaku bisnis sudah mengikuti protokol keamanan COVID-19 seperti memperhatikan social distancing serta menggunakan perlengkapan perlindungan diri yang lengkap?

Serela Merdeka berhasil meraih 100% dalam skor sertifikasi CHSE

Bagaimana dengan kesiapan pihak pelaku wisata dalam melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan lokal? Apa komunikasi yang telah dilakukan dengan pejabat/petugas sekitar apabila terjadi COVID-19 di dalam area pelaku bisnis? Bagaimana dengan penyediaan fasilitas sanitasi seperti sabun cuci-tangan, atau apakah di area pelaku bisnis terdapat informasi mengenai hal-hal yang harus dilakukan oleh pengunjung demi menjaga protokol keamanan COVID-19?

Hal-hal tersebut juga menjadi perhatian dan bagian dari penilaian agar pelaku bisnis dapat diloloskan uji sertifikasi CHSE ini, dan pelaku bisnis yang meraih skor tertinggi 100% berarti mampu melakukan hal-hal tersebut dengan sempurna.

Mengapa program sertifikasi CHSE ini penting untuk dilakukan? Karena dengan ada program ini, pengunjung atau tamu dapat mendapat keyakinan bahwa tempat yang mereka kunjungi telah memenuhi standar keamanan COVID-19 yang memadai sehingga baik untuk dijadikan pilihan menginap dan berwisata.

Staff Zodiak Asia Afrika Bandung, salah satu Hotel peraih 100% skor sertifikasi CHSE di KAGUM Hotels

KAGUM Hotels selalu siap mendukung dan menjalankan program-program pemerintah seperti uji sertifikasi CHSE ini dalam menangani COVID-19, dan kami selalu menjadikan keamanan dan kesehatan tamu-tamu yang berkunjung ke properti kami sebagai prioritas utama. Jangan lupa untuk selalu book di KAGUM Smart Booking (klik di sini) untuk harga terbaik dan promo-promo menarik di KAGUM Hotels!

About Author /

Start typing and press Enter to search