Hari Anak Nasional 23 Juli 2021: Menjaga Kesehatan Anak di Tengah COVID-19

Hari ini, di tanggal 23 Juli 2021 Indonesia memperingati Hari Anak Nasional, dan mengingat bahwa di sekeliling kita masih terjadi fenomeda COVID-19, penting bagi kita untuk terus siaga dan menjaga mereka yang masih muda dari bahaya COVID-19, terutama karena anak-anak lebih rentan akan pengaruh penyakit dibandingkan dengan kita yang sudah dewasa.

Tetap jaga kesehatan anak selama pandemi COVID-19

Berikut beragam tips yang bisa diikuti untuk membantu menjaga kesehatan anak di tengah masih terjadinya pandemi COVID-19 🙂

PASTIKAN ASUPAN NUTRISI YANG CUKUP UNTUK ANAK

Asupan makanan pada anak sangat penting dalam menjaga kesehatan imunnya; terutama pola makan dengan komposisi gizi yang tepat dari segi jumlah, jenis dan frekuensinya. Melakukan hal ini akan memperbaiki status gizi anak, sehingga memperkuat benteng imunitas tubuh dan membantu menangkal infeksi virus.

Pemberian nutrisi selama masa pandemi harus mencakup asupan makronutrien yakni karbohidrat, protein, dan lemak. Tak lupa juga mikronutrien meliputi mineral seperti zinc, zat besi, kalsium, asam folat, serta vitamin seperti vitamin A, C, D, E, B6, B12, yang cukup dan seimbang.

Sumber-sumber mikronutrien tersebut sebagian besar dapat diperoleh dari protein hewani, seperti daging ayam, hati ayam, daging sapi, ikan, telur dan produk susu.

TETAP PASTIKAN AKTIVITAS FISIK UNTUK ANAK

Cara menjaga kesehatan anak lainnya selama pandemi yakni tetap mengajaknya olahraga. Dengan demikian, anak tetap aktif secara fisik. Pandemi ini mungkin lebih membuat anak lebih malas melakukan aktivitas fisik, tetapi pastikan mereka terus aktif!

Namun tetap pastikan protokol kesehatan tetap diperhatikan! Jika tak ada lapangan yang tersedia di dekat rumah, jangan ambil risiko untuk pergi ke sarana olahraga yang ramai. Aktivitas fisik bisa dilakukan di rumah, kok. Misalnya dengan bermain lompat tali, bermain permainan tradisional di teras, atau senam aerobik mengikuti dari video yang tersedia di media sosial!

TETAP KONTROL KESEHATAN UNTUK ANAK

Selama pandemi, jangan lupa selalu pantau kondisi anak. Ini juga menjadi cara menjaga kesehatan anak yang efektif. Tetap jangan lewatkan jadwal vaksinasi rutin anak, bahkan selama pandemi COVID-19.

Yang penting, persiapkan kunjungan anak ke layanan kesehatan sejak awal. Sebelum berangkat, hubungi penyedia layanan kesehatan anak untuk membuat janji temu. Ini untuk menghindari lamanya antre. Pastikan juga rumah sakit atau klinik yang didatangi memiliki prosedur untuk memisahkan ruang tunggu, antara pasien sehat dan pasien yang sedang berobat karena sakit.

Pastikan selalu kesehatan dan keamanan anak-anak kita semua yaa!

About Author /

Start typing and press Enter to search