Presiden: Vaksin COVID-19 Gratis

Ada kabar gembira untuk masyarakat Indonesia. Melalui channel YouTube Sekretariat Presiden pada hari Rabu tanggal 16 Desember 2020, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan bahwa masyarakat Indonesia dapat menerima vaksin COVID-19 secara gratis atau tidak dikenakan biaya sama sekali.

“Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Presiden Jokowi di channel YouTube tersebut. Presiden juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk menjadikan program vaksinasi sebagai prioritas di tahun 2021.

Vaksin Sinovac yang dibeli oleh Pemerintah Indonesia

Vaksin yang dibeli oleh Pemerintah Indonesia adalah vaksin SINOVAC; 1.2 juta dosis telah tiba di Indonesia pada tanggal 6 Desember 2020.

Presiden Jokowi pun menegaskan bahwa dia akan menjadi orang pertama di Indonesia yang akan divaksinasi oleh vaksin COVID-19 ini, untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat luas bahwa vaksin yang dibeli oleh Pemerintah Indonesia aman untuk dipergunakan. Namun perlu diingat, bahwa baik mereka yang nanti telah menerima vaksin atau belum, semuanya harus tetap memperhatikan protokol keamanan dan kesehatan COVID-19.

“Terakhir saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya,” kata Presiden Jokowi.

About Author /

Start typing and press Enter to search