Memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023

1 Juni, merupakan hari libur nasional dimana kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Apakah anda tahu, sekarang Pancasila sudah menginjak umur yang keberapa?

Hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni dikarenakan pada tanggal inilah, 76 tahun yang lalu atau tepatnya di tahun 1945, Presiden pertama Indonesia, Soekarno, menyebutkan konsep awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia/BPUPKI–badan yang didirikan oleh pemerintah Jepang untuk meraih simpati rakyat Indonesia setelah mereka mengalami kekalahan di perang Asia Pasifik.)

Di sidang yang berlangsung selama 5 hari itu, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Suasana sidang BPUPKI

Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai Panitia Sembilan, yaitu Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo. Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada sidang tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Panitia Sembilan dari Dokuritsu Junbi Cosakai

Sampai saat ini, Pancasila yang lahir 78 tahun yang lalu masih terus menjadi landasan dan filosofi pemersatu bangsa Indonesia. Di Hari Lahir Pancasila yang jatuh di 1 Juni 2023 ini, KAGUM Hotels mengajak kita semua untuk terus memupuk kesetiaan kepada Pancasila sebagai dasar bangsa dan ideologi pemersatu seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke!

About Author /

Start typing and press Enter to search