Mengurangi stress dengan khasiat minuman Teh

Di hidup jaman modern seperti saat ini, sepertinya lebih banyak kemungkinan kita akan mengalami stress yang diakibatkan oleh pikiran yang penuh dengan hal-hal yang membuat diri khawatir. Di tengah situasi seperti ini, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tidak hanya badan, tetapi juga mental dan pikiran.

Meminum teh memiliki efek positif bagi kesehatan badan dan juga pikiran (Lokasi: Serela Merdeka Hotel Bandung)

Dan untuk menjaga kesehatan, tidak perlu mahal! Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi diri, seperti misalkan meminum Teh. Apakah anda tahu bahwa Teh memiliki khasiat yang positif bagi tubuh? Mari kita cek beberapa di antaranya, seperti misalkan:

Memperbaiki pola tidur dan mengurangi insomnia

Coba minum teh hangat sebelum tidur. Manfaat minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup pada mereka yang mengalami insomnia ringan hingga sedang. Tetapi harus diperhatikan juga ya tipe teh yang anda minum!

Menurut sebuah penelitian pada jurnal Nutrients, salah satu kandungan pada teh hijau, yakni theanine, dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Ketika kadar kortisol tinggi, itu artinya Anda sedang merasa stres. Nah, stres bisa membuat otak Anda lebih aktif sehingga jadi susah tidur.

Meminum teh secara teratur dapat membantu pola tidur anda (Lokasi: Grand Serela Setiabudhi Hotel Bandung)

Bila kadar kortisol menurun, rangsangan pada otak akan berkurang dan anda menjadi lebih rileks. Perasaan tenang inilah yang bisa membuat anda tidur lebih nyenyak. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa minum secangkir teh hijau rendah kafein sebelum tidur.

Mengurangi resiko diabetes

Teh hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah sehingga membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Peneliti percaya bahwa kandungan polifenol dalam teh dapat meningkatkan aktivitas insulin yang membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Dalam teh terdapat kandungan polifenol, senyawa antioksidan yang ada di hampir setiap jenis tanaman. Polifenol memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, mulai dari mengurangi stres oksidatif, melebarkan arteri, menurunkan tekanan darah, sampai dengan mencegah kolesterol.

Jangan lupa selain minum teh, pastikan anda juga berolahraga! (Lokasi: Banana Inn Hotel Bandung)

Kandungan polifenol tersebut juga efektif mengatur glukosa dalam tubuh dan mengendalikan diabetes. Tetapi tetap ya, jangan hanya mengandalkan meminum teh apabila anda ingin terhindar dari resiko diabetes; pastikan anda juga melakukan olahraga secara teratur dan berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman, terutama yang manis manis!

Menjaga kesehatan gigi dan tulang serta membantu melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat minum teh yang mungkin tidak lazim diketahui oleh banyak orang adalah untuk mencegah gigi berlubang. Perubahan pH yang terjadi di dalam mulut setelah minum teh akan mencegah gigi menjadi berlubang. Namun, hal ini berlaku hanya untuk teh yang tidak mengandung gula atau pemanis tambahan ya!

Hal yang sama juga berlaku untuk kesehatan tulang. Meminum teh dapat membantu mengurangi resiko tulang keropos (atau yang lebih dikenal dengan nama osteoporosis) dengan cara meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang. 

Meminum teh dapat memberikan efek positif bagi gigi, sehingga anda bisa tersenyum lebih ok! (Lokasi: Gino Feruci Braga Hotel Bandung)

Selain itu, teh chamomile dipercaya dapat meredakan kram perut, mual muntah akibat mabuk perjalanan, diare, gangguan pencernaan, dan asam lambung. Chamomile disebut mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid sebagai salah satu agen antioksidan penting untuk tubuh, sehingga pas untuk dipilih bagi anda yang ingin mencegah atau meringankan beban pencernaan.

Jadi bagaimana, tertarik untuk mencoba memulai minum teh untuk mencoba merasakan manfaatnya? Perlu diingat ya, kadarnya harus dijaga supaya tidak berlebihan ketika mengkonsumsi teh dan sebisa mungkin jauhi minuman-minuman teh bergula / berasa! Stay healthy, dan stay safe yaa!

About Author /

Start typing and press Enter to search